Kenapa Harus Pakai SPSS? Berikut Keunggulannya!


Dunia statistik rupanya patut berbahagia akan hadirnya sebuah software olah data yang mampu memudahkan pekerjaan dalam bidang ini. Software ini bernama Statistical Package for Social Science atau yang lebih dikenal dengan SPSS. SPSS 23 Full memang telah lama hadir dan berhasil menjadi software olah data statistik yang paling sering digunakan hingga begitu populer digunakan baik dari kalangan biasa hingga professional. Software ini sering kali digunakan untuk menunjang penelitian mulai dari penelitian kesehatan, pasar, survey, pendidikan, pemasaran dan masih banyak lagi. Meskipun awalnya software ini hanya difokuskan untuk penggunaan penelitian pada ilmu sosial, seiring berkembangnya waktu SPSS kini bisa digunakan untuk berbagai bidang bahkan ilmu sains pun banyak juga yang menggunakan software ini.



Dalam penggunaannya secara garis besar ada 3 proses yaitu input data melalui data view, kemudian memproses data dengan memilih menu analyze dan terakhir ada output atau hasil analisis yang akan muncul pada jendela output berupa angka dalam bentuk tabel ataupun grafik. Dari sekian banyak software olah data yang ada, SPSS memang dipercaya memiliki performa yang sangat baik yang dimana ia mampu menghasilkan hasil yang dapat dipertanggung jawabkan. Hal ini dikarenakan bila kalian sudah download SPSS 25 Full Version, kalian akan dapat merasakan beberapa keunggulan dari software ini. Dalam SPSS, kalian dapat mengakses data dari berbagai format (dBase, Lotus, Access, text file, spreadsheet bahkan ODBC), menampilkan data secara informatif, memberikan informasi jauh lebih akurat dengan dengan bantuan missing data, dapat melakukan analisis yang sama untuk kelompok-kelompok pengamatan yang berbeda secara sekaligus hanya dalam beberapa mouse click saja, adanya tabel multidimensi yang interaktif yang dimana kolom tabel bisa dirubah menjadi baris tabel dan sebaliknya. Semua nilai dalam sel-sel tabel akan disesuaikan secara otom. Selain itu, SPSS juga mampu untuk merangkum data dalam format tabel multidimensi (crosstabs)

Itulah kira-kira beberapa keunggulan dari software ini. Penggunaan SPSS sendiri juga sudah banyak bisa kalian simak dan saksikan melalui internet. Sehingga tidak akan ada kesulitan yang perlu kalian khawatirkan. Oleh karena itu, sudah jelas bila menggunakan SPSS banyak kemudahan yang dapat dirasakan. Bahkan pekerjaan statistik yang semula terasa sulit kini sudah dapat dikerjakan dengan mudah dan cepat.

0 Response to "Kenapa Harus Pakai SPSS? Berikut Keunggulannya!"

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel